RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SMKN 76 MALANG
|
|
Bidang Keahlian
|
: Teknik Informasi dan Komunikasi
|
Studi Keahlian
|
: Rekayasa Perangkat Lunak
|
Kelas/Semester
|
: XII/1
|
Mata Pelajaran
|
: Grafika Komputer
|
Topik
|
: Objek 2D
|
Pertemuan
|
: 1
|
Alokasi Waktu
|
: 3 x 40 menit
|
Tahun Pelajaran
|
: 2019 - 2020
|
A. Kompetensi Inti
KI 1
|
: Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2
|
: Menghayati dan
mengamalkan perilaku Toleran, Disiplin, Jujur, Bertanggung Jawab
|
KI 3
|
: Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual,
|
|
konseptual, dan
prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
|
|
ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam
|
|
wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan
|
|
terkait penyebab
fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang
|
|
spesifik untuk
memecahkan masalah.
|
KI 4
|
: Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
|
|
Abstrak terkait
dengan pembangunan dari yang dipelajarinya
|
|
disekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan
|
|
mampu melaksanakan
tugas spesifik di bawah
|
|
pengawasan langsung.
|
B. Kompetensi Dasar
3.6. Instalasi Visual Studio
3.7. Memahami Bahasa C++
3.8. Memahami pembuatan objek 2D
C. Indikator
1. Memahami
nilai-nilai keagamaan yang meliputi iman, taqwa kepada tuhan Yang Maha Esa.
1.1 Berperilaku
baik terhadap guru dan teman dengan mencerminkan nilai-nilai agama dalam
pembelajaran Grafika Komputer
2. Menunjukkan
perilaku dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam
melakukan praktikum dan berdiskusi
3. Menjelaskan
Program yang telah dibuat.
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah mendapatkan pembelajaran
dengan melakukan kerjasama dan bertanggung jawab, diharapkan siswa dapat:
1. Memahami
Bahasa C++
2. Memahami
Koordinat kartesius
3. Memahami
cara kerja Bahasa C++
4. Menerapkan
penggunaan Grafkom sesuai kebutuhan
5. Memahami
alur pembuatan objek 2D melalui OpenGL
E. Materi Pembelajaran
1.
Objek 2D
Untuk membangun sebuah bangun 2
Dimensi dengan efisien, maka diperlukan sebuah fungsi yang memiliki parameter
tertentu untuk membangun bangun tersebut.
Transformasi 2 dimensi adalah suatu
model atau bentuk atau teknik memindahkan atau mengubah nilai posisi objek
dalam sistem korordinat 2 dimensi. Pemindahan objek ini dapat diartikan sebagai
pemindahan titik.
F. Pendekatan, Model dan Metode
1.
Pendekatan :
Saintifik
2. Model
:
Problem Based Learning
3. Metode : Ceramah, Demonstrasi, Diskusi
G. Sumber Belajar dan Media Pembelajaran 1. Sumber
Belajar
1. Ahmad Mursyidun Nidhom. 2016. Modul “Objek
2D”. Malang. Universitas Negeri Malang
2. Media Pembelajaran
1. LCD
Proyektor
2. Laptop/PC
H. Kegiatan Pembelajaran 1. Pertemuan
1
Kegiatan
|
Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
|
Guru
|
Siswa
|
||
Pendahulan
|
|
|
15 menit
|
Do’a dan Salam
|
Guru Berdo’a
Guru
mengucapkan salam
|
Siswa memimpin
do’a
Menjawab
salam dari guru
|
5
menit
|
Presensi
|
Guru
mengabsen siswa dengan membaca nama siswa satu persatu
|
Siswa
memperhati-kan dan meng-angkat tangan ketika namanya dipanggil
|
5
menit
|
Apersepsi
|
Guru memberikan
gambaran tentang pentingnya memahami materi Grafika Komputer dari suatu
keadaan.
Guru mendemostrasikan instalasi visual studio serta
peletakan glut.h,glut32.lib,glut32
|
Siswa memperhatikan
guru saat memberikan apersepsi
|
5
menit
|
Kegiatan Inti
|
Fase 1: Orientasi
peserta didik pada masalah
|
50 menit
|
|
• Guru
mendemontrasikan pembuatan Objek 2D yang terdapat pada modul.
• Guru
memberikan sedikit penjelasan mengenai Header.
|
Mengamati
Memperhatikan
dengan penuh kosentrasi
|
|
|
|
|
Fase 2: Mengorganisasikan peserta didik
|
|||
Guru membentuk
kelompok siswa dengan menyerahkan keputusan pada perwakilan kelas, dalam 1
kelompok beranggotakan 2 anak
Guru membagikan modul kepada siswa dan memberitahu yang
akan siswa kerjakan
|
Siswa
mendengarkan instruksi guru dengan aktif segera membentuk kelompok
Siswa
membagikan modul ke temanya dan mengerjakanya.
|
||
Fase 3: Membimbing penyelesaian
masalah
|
|||
• Guru
memantau siswa yang sedang berdiskusi dan berkeliling untuk membantu siswa
yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan
|
Menelaah
• Siswa
mendengarkan dan menelaah petunjuk penyelesaian masalah yang diberikan oleh
guru
Mengasosiasi
•
Melakukan diskusi dan menganalisis permasalahan
dalam pengerjaan modul
|
||
Fase 4: Menganalisis dan
mengevaluasi proses dan hasil pemecahan masalah
|
|||
• Guru
menyuruh tiaptiap kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi di depan
kelas secara acak
•
Guru memberikan perkerjaan rumah pada siswa
secara kelompok dan dikumpulkan dalam bentuk laporan pada pertemuan
selanjutnya
|
Mengkomunikasikan
• Siswa
mempresentasikan hasil diskusi dengan jelas
Mengeksplorasi
• Siswa
mendengarkan tugas yang akan diberikan oleh guru
|
||
Penutup
|
|
|
10 menit
|
|
Guru
meminta siswa ketua kelas mempimpin doa
|
Ketua
kelas memimpin doa
|
5 menit
|
|
Guru mengucap
salam
|
Siswa
menjawab salam guru
|
5 menit
|
I. Penilaian
1.
Jenis Penilaian
a. Penilaian
sikap :
observasi
b. Penilaian
pengetahuan : tes tulis
c. Penilaian
keterampilan : diskusi
2.
Teknik Penilaian
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu
Penilaian
|
1
|
Sikap :
a. Menerima dan memberikan
perhatian
b. Menanggapi suatu pertanyaan atau
menjawab
c. Menghargai pendapat
d. Mempertanggungjawabkan pendapat
e. Mengembangkan pendapat
|
Observe (Pengamatan)
|
Selama pembelajaran
|
2
|
Pengetahuan :
a. Mampu memecahkan permasalahan dilihat dari hasil pengerjaan
tugas yang diberikan secara kelompok
|
Tes Tertulis
|
Penyelesaian tugas diskusi kelompok
|
3
|
Ketrampilan :
a. Memperhatikan pada saat mengamati
suatu objek
b. Menyampaikan pendapat
c. Mengumpulkan informasi
d. Mengembangkan argumentasi atau
pendapat
e. Menyajikan hasil diskusi
|
Diskusi
|
Selama
melakukan
diskusi dan presentasi
|
LEMBAR PENILAIAN SIKAP
KOMPETENSI KEAHLIAN REKAYASA PERANGKAT
LUNAK SMKN 76 MALANG
No.
|
Nama
|
|
Kemampuan
|
|
Nilai
|
||
S1
|
S2
|
S3
|
S4
|
S5
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
Nilai = Modus Keterangan :
Modus: Nilai paling sering muncul
Kemampuan
|
|
Indikator
|
Skor
|
S1. Menenerima dan memberikan perhatian
terhadap penjelasan guru tentang materi Objek 2D
|
|
Sangat baik
Baik
Cukup
Kurang
|
4
3
2
1
|
S2. Menanggapi
suatu pertanyaan atau menjawab tentang
materi Objek 2D
|
|
Sangat baik
Baik
Cukup
Kurang
|
4
3
2
1
|
S3. Menghargai pendapat atau tindakan mengenai
pembelajaran tentang materi Objek 2D
|
|
Sangat baik
Baik
Cukup
Kurang
|
4
3
2
1
|
S4. Mempertanggungjawabkan pendapat yang
disampaikan tentang materi perangkat Objek
2D dengan tepat dan jelas
|
|
Sangat baik
Baik
Cukup
Kurang
|
4
3
2
1
|
S5. Mengembangkan pendapatnya sesuai dengan
materi Objek 2D
|
|
Sangat baik
Baik
Cukup
Kurang
|
4
3
2
1
|
(sumber: Krathwohl, dkk. 1964)
Rubrik
Modus
|
Predikat
|
4
|
Sangat baik
|
3
|
Baik
|
2
|
Cukup
|
1
|
Kurang
|
LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN
KOMPETENSI KEAHLIAN REKAYASA PERANGKAT
LUNAK SMKN 76 MALANG
No.
|
Nama
|
|
Kemampuan
|
|
Skor
Ratarata
|
Nilai
|
|
P1
|
P2
|
P3
|
P4
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
Nilai = Mean (rata-rata)
|
Kemampuan
|
|
Indikator
|
Skor
|
P1.
|
Mampu mengemukakan kembali
apa yang sudah dipelajari tentang materi Objek 2D
|
|
Sangat baik
Baik
Cukup
Kurang
|
4
3
2
1
|
P2.
|
Mampu mengelola
pengetahuan sesuai dengan kemampuan peserta didik tentang materi Objek 2D
|
|
Sangat baik
Baik
Cukup
Kurang
|
4
3
2
1
|
P3.
|
Mampu menerapkan materi perangkat keras jaringan dan sistem operasi tentang
materi Objek 2D
|
|
Sangat baik
Baik
Cukup
Kurang
|
4
3
2
1
|
P4.
|
Mampu menganalisis kesimpulan dari hasil pembelajaran
tentang materi Objek 2D
|
|
Sangat baik
Baik
Cukup
Kurang
|
4
3
2
1
|
(sumber: Anderson, dkk. 2001)
Rubrik
Modus
|
Predikat
|
Skor
Rerata
|
Huruf
|
4,00
|
Sangat baik
|
3,85 – 4,00
|
A
|
3,51 – 3,84
|
A-
|
||
3,00
|
Baik
|
3,18 – 3,50
|
B+
|
2,85 – 3,17
|
B
|
||
2,51 – 2,84
|
B-
|
||
2,00
|
Cukup
|
2,18 – 2,50
|
C+
|
1,85 – 2,17
|
C
|
||
1,51 – 1,84
|
C-
|
||
1,00
|
Kurang
|
1,18 – 1,50
|
D+
|
1,00 – 1,17
|
D
|
LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN
KOMPETENSI KEAHLIAN REKAYASA PERANGKAT
LUNAK SMKN 76 MALANG
No.
|
Nama
|
|
Kemampuan
|
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||
K1
|
K2
|
K3
|
K4
|
K5
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Nilai = Max Keterangan:
Max : Nilai Maksimal yang didapat
oleh siswa
Kemampuan
|
|
Indikator
|
Skor
|
K1. Mampu
memperhatikan pada saat mengamati suatu objek tentang materi Objek 2D
|
|
Sangat baik
Baik
Cukup
Kurang
|
4
3
2
1
|
K2. Mampu menanyakan
atau menyampaikan pendapat tentang materi Objek 2D
|
|
Sangat baik
Baik
Cukup
Kurang
|
4
3
2
1
|
K3. Mampu mengumpulkan informasi atau data
dengan kualitas sumber yang tepat tentang materi Objek 2D
|
|
Sangat baik
Baik
Cukup
Kurang
|
4
3
2
1
|
K4. Mampu mengembangkan argumentasi atau
pendapat dan kesimpulan dari beberapa jenis sumber yang berbeda
|
|
Sangat baik
Baik
Cukup
Kurang
|
4
3
2
1
|
K5 Mampu menyajikan hasil diskusi dalam bentuk
tulisan, grafis, media elektronik, dll tentang materi Objek 2D
|
|
Sangat baik
Baik
Cukup
Kurang
|
4
3
2
1
|
(sumber: Dyers)
Rubrik
Modus
|
Predikat
|
Skor
Rerata
|
Huruf
|
4,00
|
Sangat baik
|
3,85 – 4,00
|
A
|
3,51 – 3,84
|
A-
|
||
3,00
|
Baik
|
3,18 – 3,50
|
B+
|
2,85 – 3,17
|
B
|
||
2,51 – 2,84
|
B-
|
||
2,00
|
Cukup
|
2,18 – 2,50
|
C+
|
1,85 – 2,17
|
C
|
||
1,51 – 1,84
|
C-
|
||
1,00
|
Kurang
|
1,18 – 1,50
|
D+
|
1,00 – 1,17
|
D
|
Komentar
Posting Komentar