Oi rek.. mbalek maneh ambek aku ndek Blog e Figgo (Hai teman teman, kembali lagi sama aku di blog e figgo). Jadi hari ini aku akan membahas seputar Rencana Pengembangan Satuan Pendidikan Kejuruan. Bagi yang udah tahu tinggalkan komen ya... cuss
Berdasarkan
penjelasan di atas, dapat dipahami bahwa pelaksanaan pembelajaran di pendidikan
kejuruan meliputi pembelajaran teori dan praktik. Program studi bekerja sama
dengan pihak komunitas profesional dalam bidangnya, sehingga pembelajaran
dilaksanakan di sekolah dan di tempat kerja yang sesuai dengan program studi
yang dipelajari. Dengan demikian pembelajaran pada pendidikan kejuruan mengarah
pada pembelajaran sesuai dengan dunia kerja.
Segitu aja pembahasan kita kali ini sampai jumpa....
Sumber :
http://psmk.kemdikbud.go.id/epub/download/TbAJMnTqBNNEmk9gMON9E4ztNa6HelsHrvoMvrF2.pdf
http://file.upi.edu/Direktori/FPTK/JUR._PEND._TEKNIK_ARSITEKTUR/196803081993031-JOHAR_MAKNUN/smk-boarding-school.pdf
http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/viewFile/15292/13850
https://www.slideshare.net/supriyatmimulyadi/rencana-pengembangansekolah-1
Sumber https://smkn1sasakranahpasisie.files.wordpress.com/2018/04/smk.png
A. Pengertian
·
Rencana Pengembangan :
Suatu usaha untuk menigkatkan suatu kualitas
·
Satuan Pend. Kejuruan :
Pendidikan untuk melatih peserta didik bekerja dibidang tertentu.
Rencana
Pengembangan Satuan Pend. Kejuruan merupakan suatu usaha untuk meningkatkan
suatu kualitas Pendidikan melatih peserta didik dibidang tertentu.
B. Tujuan
·
Mewujudkan pelaku Pend.
Kejuruan yang kuat
·
Mewujudkan akses SMK yang
meluas,merata, & berkeadilan
·
Mewujudkan Pembelajaran
bermutu di SMK
·
Mewujudkan Penguatan tata
kelola serta peningkatan efektivitas dan pelibatan public
C. Gambaran
pembinaan SMK yang ideal
Substansi
inti yang berkaitan langsung dengan pembinaan sekolah menengah kejuruan (SMK)
adalah: akses pendidikan dasar-menengah, metodologi, pengelolaan, kurikulum,
dan kualitas.
Sesuai
dengan UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang dimaksud
dengan pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana
belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan
potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri,
kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan
dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Visi pendidikan nasional adalah
terwujudnya sistem pendidikan sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa
untuk memberdayakan semua warga negara Indonesia berkembang menjadi manusia
yang berkualitas, sehingga mampu dan proaktif menjawab tantangan zaman yang
selalu berubah (Permendiknas No. 41 tahun 2007).
Menurut
Finch dan Crunkilton (1999: 14) tujuan akhir kurikulum pendidikan kejuruan
tidak hanya diukur melalui pencapaian prestasi berupa nilai tetapi melalui
hasil dari pencapaian tersebut, yaitu hasil dalam bentuk unjuk kerja di dunia
kerja.
Kurikulum
SMK seharusnya memperhatikan beberapa hal mendasar sebagai berikut: (1)
pendidikan harus menanamkan tata nilai yang kuat dan jelas sebagai landasan
pembentukan watak dan perkembangan kehidupan manusia; (2) pendidikan harus memberikan
sesuatu yang bermakna, baik yang ideal maupun pragmatis sesuai dengan kebutuhan
peserta didik, dan (3) pendidikan harus memberikan arah yang terencana bagi
kepentingan bersama peserta didik, keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara
(Depdiknas, 2004).
Pakar
pendidikan kejuruan Mobley mengemukakan tentang filosofi pendidikan kejuruan
yang seharusnya diikuti oleh pihak yang terlibat yaitu: (1) C& T education
must be a part of the total education program, (2) C&T education must be
available to all people, (3) C&T education must be everyone’s concern, (4)
Professionalization of C&T must continue, dan (5) Student organizations
must be considered part of the total C&T program
Segitu aja pembahasan kita kali ini sampai jumpa....
Sumber :
http://psmk.kemdikbud.go.id/epub/download/TbAJMnTqBNNEmk9gMON9E4ztNa6HelsHrvoMvrF2.pdf
http://file.upi.edu/Direktori/FPTK/JUR._PEND._TEKNIK_ARSITEKTUR/196803081993031-JOHAR_MAKNUN/smk-boarding-school.pdf
http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/viewFile/15292/13850
https://www.slideshare.net/supriyatmimulyadi/rencana-pengembangansekolah-1
Komentar
Posting Komentar