Pengertian dan Karakteristik DeadLock

Hai teman - teman.. bagaimana kabarnya? bagus? buruk? tenang aja daripada bingung mending liat ini aja. jadi kali ini aku akan membagikan sedikit info tentang deadlock yaitu mengenai karakteristik/ciri ciri nya gengs. cuss..


Sumber https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/2/28/Process_deadlock.svg/220px-Process_deadlock.svg.png

PENGERTIAN DEADLOCK

Keadaan dimana 2 atau lebih proses saling menunggu meminta resources untuk waktu yang tidak terbatas lamanya.

KARAKTERISTIK DEADLOCK


a.  Mutual Exclusion : sebuah proses memiliki hak pribadi untuk menggunakan sumber daya yang digunakan selama proses berjalan hingga sampai tujuan dan proses lain baru bisa menggunakan sumber daya tersebut.

b.   Hold and Wait : sebuah proses pertama yang membutuhkan dua sumber daya dimana proses tersebut sudah memperoleh satu sumber daya dan membutuhkan satu sumber daya lagi tapi untuk menambah sumber daya proses pertama harus menunggu proses kedua melepas sumber daya dan sedangkan proses ketiga membutuhkan sumber daya yang sama dengan proses kedua dan pada akhirnya salah satu proses diatas akan menahan sumber daya yang dibutuhkan dan menunggu sumber daya yang lain dilepas oleh proses lain.

c.       No Preemption : selanjutnya adalah sebuah proses yang menggunakan sumber daya terlebih dahulu hingga selesai kemudian diberikan kepada proses lain yang membutuhkan sumber daya,apabila proses tersebut belum selesai menggunakan maka proses yang lain harus menunggu hingga proses tersebut selesai dan permintaan dari proses lain tidak dapat dibatalkan.

d.    Circular Wait : adalah sebuah siklus yang membentuk sebuah lingkaran dimana sebuah proses disimbolkan dengan titik kecil, proses pertama memerlukan sumber daya yang dimiliki oleh proses kedua sedangkan proses kedua juga memerlukan sumber daya yang dimiliki oleh proses ketiga dan bahkan proses ketiga juga memerlukan sumber daya yang dimiliki oleh proses pertama.

Sekian ya guys..Kalau ada yang ditanyakan silahkan tinggalkan di komentar...

Sumber :
http://os-ti4cgroup2-arka.blogspot.com/2011/06/deadlock.html
https://jeans-test.blogspot.com/2015/12/Pengertian-deadlock.html

Komentar