Sampah : Pengertian, Jenis, Dampak, Manfaat

  Hai teman - teman. Bagaimana kabarnya? jadi kali ini aku mau berbagi dengan teman teman informasi mengenai sampah. Sampah sering dikaitkan dengan barang/benda yang sudah tidak dipakai bukan..? Tapi selain barang yang tidak dipakai tentunya juga ada jenis,dampak, dan manfaatnya kan? Langung aja yuk...cuss

Pengertian Sampah

   Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) yang dimaksud dengan sampah adalah barang atau benda yang dibuang karena tidak terpakai lagi seperti kotoran, daun, kertas dan lain-lain.

   Menurut WHO (World Health Organization) yang dimaksud dengan sampah adalah  barang yang berasal dari kegiatan manusia yang tidak lagi digunakan, baik tidak dipakai, tidak disenangi, ataupun yang dibuang.

   Menurut Prof. W. Radyastuti (1996) Sampah adalah sumber daya yang tidak siap pakai.

   Menurut Dr. Tanjung (1982) Sampah didefinisikan sebagai sesuatu yang sudah tidak berguna lagi, yang dibuang oleh pemakainya.


Jenis - Jenis Sampah

Jenis Sampah berdasarkan Sifatnya
  Sampah berdasarkan sifatnya dibagi menjadi beberapa jenis, diantaranya:

1. Sampah Organik
    Sampah Organik merupakan jenis sampah yang dihasilkan organisme hidup. Sampah jenis ini mudah untuk diuraikan alam dan mudah membusuk, biasanya sampah organik dapat digunakan untuk pupuk kandang.
Contoh : Kotoran hewan ternak
               Dedaunan
               Sisa makanan

2. Sampah Anorganik
    Sampah Anorganik merupakan jenis sampah yang sulit untuk diuraikan dan membutuhkan waktu yang lama untuk hancur. Sampah jenis ini biasanya untuk mengurangi jumlah maka dilakukanlah daur ulang.
Contoh : Plastik
               Sterofoam
               Besi
               Botol
Jenis Sampah berdasarkan Wujudnya
 Sampah berdasarkan wujudnya dibagi menjadi beberapa jenis, diantaranya:

1. Sampah berwujud padat
    Sampah berwujud padat merupakan jenis sampah dari bahan material yang dibuang oleh manusia.
Contoh : Plastik bekas
               Botol
               Kaca

2. Sampah berwujud cair
    Sampah berwujud cair merupakan bahan cair yang tidak dibutuhkan dan dibuang ke tempah sampah.
Contoh : Air cucian
              Sisa cairan toilet
              Sisa cairan Industri

Jenis Sampah berdasarkan Sumbernya
  Sampah berdasarkan sumbernya dibagi menjadi:
Sampah alam
Sampah manusia
Sampah konsumsi
Sampah nuklir
Sampah industri
Sampah pertambangan


Dampak Sampah pada kehidupan Manusia


1. Kesehatan
    Sampah yang tidak di buang pada tempatnya akan mengganggu kesehatan kita yang akan memicu terserangnya penyakit pada manusia seperti Diare, Disentri, Kudisan, Jamur Dll dan memicu tercemarnya lingkungan hidup hewan, tumbuhan dan manusia.

2. Udara 
    Sampah yang di buang melalaui udara adalah asap dari industri pabrik dan kendaraan yang dapat mencemari lingkungan di udara, Udara yang di menjadi kotor dan berbahaya jika di hirup leh manusia dan makhluk hidup lainnya. Selain itu sampah ini dapat melubangi ozon (pelindung bumi dari radiasi matahari) oleh sebab itu mengapa bumi semakin lama-semakin panas.

3. Lingkungan
    Dampak dari sampah yang ketiga yaitu pada kehidupan antara sesama manusia. Ketika kita lewat tumpukan sampah di pinggir jalan yang sangat bau, kita menjadi terganggu dan menutup hidung ia kan? ini menandakan bahwa kita merasa terganggu dengan orang yang membuang sampah sembarangan. Contoh lagi Sampah udara dari orang yang merokok di tempat umum seperti bis umum, kereta, kapal dan ruangan untuk umum, mereka yang tidak merokok akan sangat terganggu dan membuat hubungan sosaial terganggu.


Manfaat Sampah


1. Pakan ternak
Selain itu, sampah organik seperti dedaunan yang masih hijau, sisa sayur dan buah bisa digunakan sebagai pakan ternak. Namun pastikan dulu ya apakah dedaunan atau sisa sayur dan buah tersebut aman dan disukai oleh ternak Anda. Karena, tidak mungkin kan memberi sisa dedaunan pada ayam? Tentunya harus sesuai juga dengan kebutuhan dan keinginan ternak.
2. Bahan dasar untuk berbagai kerajinan kreatif
Sampah dan barang-barang bekas juga masih bisa dimanfaatkan sebagai bahan dasar berbagai kerajinan tangan kreatif. Misalnya kemasan deterjen, pewangi pakaian bisa dibuat menjadi tas atau dompet cantik. Plastik bekas pembungkus permen bisa disulap menjadi dompet unik.
3. Wadah alternatif
Sampah-sampah yang berbentuk wadah seperti kaleng bekas minuman, botol beling, kaleng biskuit dan sejenisnya bisa dialih fungsikan menjadi wadah alternatif. Agar lebih menarik, Anda bisa mengukir, melukis atau memberi hiasan pada wadah tersebut.
  • Contoh sederhananya kaleng bekas minuman atau kaleng sarden. Bisa Anda sulap menjadi wadah tempat penyimpanan pensil yang unik. Bisa dengan cara memberi ukiran, atau menyampulnya dengan kertas kado.
  • Contoh lain kardus bekas bisa Anda sulap menjadi box penyimpanan barang. Terlebih dahulu box tersebut Anda tutup dengan kertas kado, atau kertas hias lainnya. Berikan sentuhan kreasi tertentu agar lebih menarik.
  • Plastik bekas yang berwarna menarik (pink, merah, putih, hijau, kuning, biru) juga bisa dikreasi menjadi pembungkus buah yang akan matang.
4. Bahan dasar pembuat batako
Nah, ternyata styrofoam ini bisa loh dijadikan sebagai bahan campuran untuk membuat batako. Uniknya, batako yang dihasilkan lebih ringan dan tidak menyerap air, sehingga jika diaplikasikan untuk bangunan atau tembok, batako ini bisa mencegah rembesan air hujan ke dalam rumah. Teknologi ini ditemukan oleh sekelompok siswa di sebuah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Riau (info dari Riau Pos cetak). Sayangnya kekuatan batako ini untuk bangunan belum teruji, namun minimal hal ini sudah memberikan alternatif pengelolaan sampah styrofoam di masyarakat.

Sekian Informasi dari saya.. sampai jumpa...:)
Sumber :

Komentar